[REVIEW] 1500 Resep Makanan Sehat

Sebagai seorang yang gemar masak, selain google sana sini untuk resep makanan dan berkreasi yg lucu-lucu, saya juga senang beli buku. Koleksi buku memasak saya, Alhamdulillah sudah lumayan banyak, baik yang lokal maupun yang internasional. Melihat resep dan gambar di dalam buku resep itu bisa membangkitkan semangat saya, semangat untuk memasak dan yang lainnya. 

Tapi nih, kebanyakan dari buku - buku tersebut saya beli saat lagi DISKON. Prinsip ogah ruginya tetep aja ya... (maaf ya untuk para chef/penulis yang sudah susah payah bikin resep). Kalau yang lokal, saya biasanya rajin beli tuh yang udah di diskon menjadi 5.000 - 20.000 rupiah aja. Sementara yang luar punya, biasanya karena saya suka dengan celebrity chef yang ada di televisi, saya google sana sini deh dari berapa banyak buku yang mereka terbitkan, mana yang paling bagus. Begitu udah ketemu, langsung cari di toko buku online dengan fasilitas free shipping dan dipilih dengan harga paling murah (padahal kalo dipikir-pikir, kadang beda antara 1 toko buku dengan yang lainnya cuma 5000 rupiah tapi koq saya mau ya repot - repot!).

Ketemu teman yang punya hobi sama dalam hal masak memasak juga bikin saya bahagia. Jadi kita bisa saling berbagi termasuk dimana ada buku masak yang lagi di diskon. Beberapa bulan lalu, teman SMA  mengabarkan kalau di Parkiran Bintaro Plaza sering ada bazaar buku diskon. Dia beli buku Bu Sisca Soewitomo yang tebelnya tebel banget, cuma 40 ribu rupiah saja. Hadeh, gimana saya gak nafsu. Sayangnya buku tinggal 1 dan diambil oleh temen saya ini. Dia lalu mengabarkan kalau ada buku bu Tuti Soenardi, 1500 Resep Makanan Sehat Untuk Bayi Hingga Manula, cuma 50 ribu! Ya gak pake mikir panjang lah, langsung saya nitip sama temen saya itu.

Belinya sih udah dari bulan November 2013 tapi baru sampai ke tangan saya minggu lalu! Secara saya yang janji mau mengambil di tempat dia, gak sempat - sempat. Akhirnya baru minggu lalu deh saya bisa mencium harumnya aroma makanan. hehehe.. Saya mang agak unik dalam hal ini. Memegang buku resep makanan, saya bisa merasakan aroma yang keluar dari resep - resep tersebut.

Bukunya cukup tebal (yaiyalah, secara 1500 resep) dengan paperback nya, jadinya gak begitu berat dipegang. Cuma sayang beribu sayang, buku ini tidak disertakan dengan gambar! Padahal gambar - gambar di buku resep itu penambah semangat bagi yang membaca. Secara buku ini kalau beli normal harganya di atas 200 ribu rupiah lho.

Baiklah, cukup dengan kekecewaan yang satu itu tapi kalau untuk isi? Saya sangat - sangat puasss. Dengan 1500 resep untuk makanan bayi yang dibagi - bagi menurut umur, makanan untuk orang sakit diabetes, lever, hipertensi, dsb sampai makanan yang menggunakan tepung yang berasal dari tanaman di Indonesia (jujur, saya pribadi baru dengar nama - nama tepungnya. Sepertinya kudu ke pasar untuk mencari).

Resep di dalam buku ini ditulis sesimpel mungkin. Untuk pemasak pemula mungkin agak sedikit susah, tapi kesulitan kan sekarang bisa di atasi melalui google toh? Yang penting, resep - takaran dalam buku ini bisa diandalkan. Kenapa saya bilang takaran bisa diandalkan? Karena ada beberapa buku resep yang gak bisa diandalkan dari segi takaran maupun tehnik memasak. Bukan hanya yang lokal, yang luar punya juga ada lho. Makanya kalau beli yang luar punya, saya kudu banyak membaca review karena ada beberapa buku dengan ISBN yang keluaran Eropa atau Amerika dan menggunakan takaran yang berbeda. Sementara review untuk buku masak keluaran lokal, agak susah ditemukan (which means??). 

Ibu Tuti ini ahli gizi lho, tentunya beliau tidak akan sembarangan membuat resep. Penggunaan penyedap instan tidak saya temukan dalam resep - resep di buku ini (1500 resep dan saya sudah baca satu per satu sementara kalau baca yang lain, malesnya ampun - ampun!).

Bagi saya pribadi, resep untuk balita di buku ini sangat bermanfaat. Padahal saya belum punya bayi tapi saya senang bacanya. Resep untuk balita mencapai 655 resep termasuk didalamnya makanan dan minuman. Wajib banget deh buku ini dimiliki oleh para ibu. Menurut saya nih, resep balitanya cucok juga lho dimakan kalau pengen diet,  dikarenakan kandungan gizi di dalam resep - resep tersebut cukup lengkap.

Oh iya, resep makanan catering, makanan organik dan makanan ala cafe/resto juga ada lho di buku ini. Pokoknya bukunya lengkap banget. Semuanya ada.. Saya sampai bingung gimana menjelaskannya saking lengkap bangetsss. Gak nyesel lah punya buku ini (terlepas dari tidak adanya gambar).

Judul : Pustaka Kuliner Lengkap 1500 Resep Masakan Sehat Untuk Bayi Hingga Manula
Pengarang : Tuti Soenardi
ISBN : 978 979 22 6263 6
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama
Halaman : 754





 

Comments

  1. Nunggu punya istri dulu baru beli buku kaya gini :)
    Kunjungan balik ke Dus Makanan

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts