Mari Memulai Investasi Property



Investasi? Pernah gak terpikir melakukan investasi sedari muda? Jujur, saya gak pernah terpikir melakukan investasi dan sekarang saya menyesal!!! 

Saya pernah membaca tentang seseorang yang membeli sebuah apartemen di daerah Rasuna Said –Kuningan beberapa tahun silam dan sekarang bisa menikmati hidup dengan penghasilan dari apartemen tersebut sekitar 80 juta per tahun dengan cara menyewakannnya untuk wisatawan atau siapapun yg tertarik dengan sistem harian hingga bulanan. Isn’t it great?

Atau, jika punya uang berlebih, bisa membuat rumah untuk kos – kosan? Kos – kosan sekarang ini semakin marak. Dari yang saya tahu melalui bisik – bisik tetangga (ahemm), untuk kamar ber – ac dengan kamar mandi dalam, bisa menembus angka lebih dari 1 juta. Belum lagi jika ada wifi, gym atau kolam renang, bisa lebih dari 2 juta. Gimana gak menggiurkan?

Hal inilah yang diungkapkan oleh Aidil Akbar – Financial Planner ternama Indonesia dalam acara Financial Workshop 2014 yang diselenggarakan oleh Sinarmas Land bertempat di XXI Lounge Plaza Senayan pada hari Senin, 23 Juni lalu dengan tajuk Investment in Property.

Dalam acara tersebut, Aidil Akbar menjelaskan bagaimana dia sekarang melakukan investasi di bidang property ini , termasuk didalamnya membuat kos – kosan untuk wanita. Kenapa wanita, dengan anggapan wanita lebih rapi sehingga bangunan tidak cepat rusak.

Selain itu, beliau juga sering membeli tanah yang dijual dengan harga ‘miring’ – misalnya saat sang penjual ingin pergi haji atau pindah ke desa. Dengan investasi property ini, Aidil merasakan sendiri bagaimana harga tanah dapat melesat cepat hanya dalam kurun waktu minimal 1 tahun.

Perlu diingat, dalam berinvestasi, selalu ada resiko yang sebanding dengan besarnya dana yang dikeluarkan. Tidak ada investasi tanpa resiko. Termasuk dalam bidang property ini dimana ada satu kurun waktu dimana harga property bisa saja turun karena situasi politik atau ekonomi yang tidak stabil.

Selain paparan di atas, sebenarnya apa sih alasan lain kita berinvestasi melalui property?

  • Jumlah penduduk semakin banyak --> ini sudah pasti donk dimana angka kelahiran terus meningkat
  • Jumlah lahan terbatas (terlebih di kota besar) --> bener banget nih, sekarang mencari lahan luas di Jakarta itu susah aja.
Yang juga perlu dipertimbangkan saat membeli property adalah lokasi. Untuk contoh, misalnya Jakarta. Walau di tengah kota lebih macet daripada di pinggir kota, tapi kenaikan harga lebih cepat dibandingkan di pinggir kota.

Saat membeli property di kompleks perumahan ataupun apartemen, siapa pengembangnya juga wajib diperhatikan. Sekarang ini banyak pemain baru yang terjun ke dunia property dengan layanan yang ujung – ujungan mengecewakan. Ada kasus yang saya pernah dengar dimana pembeli diminta membayar di muka tapi rumah tidak kunjung dibangun.

Memilih pengembang yang tepat dengan reputasi bagus dapat dilakukan melalui bertanya dari orang – orang yang pernah membeli dari pengembang tersebut maupun dari pencarian di internet.

Akses menuju lokasi perumahan yang nyaman perlu juga menjadi pertimbangan – untuk perumahan di pinggir kota, akses tol sebaiknya ada.  Begitupun dengan fasilitas seperti rumah sakit, sekolah, rumah ibadah, taman bermain untuk anak – anak maupun fasilitas olahraga yang lengkap sekarang ini merupakan fasilitas tambahan yang menjadi nilai tambah bagi pengembang tersebut.

Pada kesempatan workshop tersebut, Bapak Ishak Chandra dari Sinarmas Land juga memberikan beragam informasi tentang investasi di bidang property ini.

Dengan memulai berinvestasi di waktu yang tepat, misalnya sekarang ini , maka kita akan dapat memperoleh hasil di masa depan dalam kurun lebih cepat. Kenapa kita berinvestasi?

  • Sebagai persiapan karir, misalnya untuk anak yang akan sekolah.
  • Investasi untuk kepemilikan dan penggunaan pribadi : rumah dan mobil pertama
  • Persiapan untuk terjadinya hal di luar dugaan seperti pemutusan kerja
Dengan tingkat inflasi di Indonesia yang terus meningkat, maka harga barang terus meningkat kecuali nilai uang itu sendiri.

Dari beragam macam investasi yang ada, properti dan emas merupakan investasi dengan resiko rendah dan pengembalian/nilai jual yang tinggi dalam suatu kurun waktu tertentu. Tentunya investasi itu bukanlah sesuatu dalam jangka pendek, investasi itu lebih ke jangka panjang lebih dari 1 tahun.

Setelah mendengar paparan di atas, beneran deh saya semakin menyesal. Kenapa gak dari dulu – dulu ya beli property? Hikss...

Okedeh, penyesalan di akhir hanya akan semakin bikin stress dan esmoseh, yang jelas sekarang saya sudah mengerti. Tinggal mengumpulkan uang dan membeli property sesuai dengan dana yang ada.

Bagaimana dengan Anda? 



Comments

Post a Comment

Popular Posts