Festival Sinema Prancis 2014 Kembali Hadir



Festival Sinema Prancis – Festival tahunan yang sudah ada sejak tahun 1996 kembali hadir pada tanggal 4 - 7 Desember 2014. Kali ini ajang tahunan yang selalu ditunggu para penggemar film hadir di kota Jakarta, Balikpapan, Bandung, Bali, Makassar, Malang, Medan, Surabaya dan Yogyakarta.
Kali ini, Festival Sinema Prancis hadir dengan tema panorama, fokus dan kompetisi film pendek Indonesia. Panorama , menyajikan film – film Prancis teraktual dari berbagai genre yang mengajak penonton untuk menyelami pengalaman sinema Prancis yang penuh warna dan ragam cerita. Film yang dihadirkan merupakan produk sinema Prancis dalam kurun lima tahun terakhir yang telah meraih lima piala Oscar dan dua Palme d’Or di Cannes.  
Fokus, tahun ini mempersembahkan salah satu program secara khusus untuk seorang maestro animasi Prancis : Jacques-Rémy Girerd. Beliau adalah sutradara dan produser film animasi yang terkenal dan pendiri studio animasi Folimage. Ratusan karya telah dihasilkan dan sekarang didatangkan ke Indonesia untuk berbagi ilmu dengan para penghasil film animasi di negeri ini.
Kompetisi film pendek, merupakan yang ketiga kali dilangsungkan dimana seorang pemenang berhak mendapatkan tiket untuk menghadiri Festival Internasional khusus film pendek – Clermont Ferrand di Prancis. Festival bergengsi ini setiap tahunnya menerima lebih dari seratus ribu kiriman film pendek dari penjuru dunia untuk memperebutkan 75 tiket yang tersedia.
Pada kompetisi film pendek festival sinema Prancis kali ini, pihak panitia menyatakan bahwa tahun ini mereka menerima film pendek tidak sebanyak tahun sebelumnya dan kualitas yang menurun. Diharapkan kedepannya semakin banyak orang sinemais Indonesia yang tidak menyia-nyiakan kesempatan mengikuti kompetisi ini dengan membuat film pendek berkualitas.
Di Jakarta, kali ini Kedutaan Prancis bekerja sama dengan Cinema XXI – Metropole Jakarta Pusat untuk menayangkan film – film bertema panorama. Tiket dapat diperoleh langsung di tempat dengan harga Rp 30.000. Sementara untuk tema Fokus, para pecinta film animasi dapat datang langsung ke Kine Forum di Taman Ismail Marzuki. Jadwal penayangan dapat dilihat di festivalsinemaprancis.com
Pada konferensi pers yang berlangsung pada hari Kamis 4 Desember di IFI (Institut Français d'Indonésie) Jakarta, hadir Jacques-Rémy Girerd yang menceritakan bagaimana dia dan Folimage mengembangkan usaha animasi selama lebih dari 30 tahun.

Animasi Prancis sekarang ini merupakan ketiga yang terbesar di Indonesia dan terbesar di Eropa. Folimage sendiri telah berhasil mengembangkan film animasi untuk segmen anak – anak maupun dewasa. Folimage pun terbuka bagi para animator dari Indonesia yang ingin bekerjasama untuk membuat film animasi.
Menurut Bertrand de Hartingh – Konselor Kerjasama dan Kebudayaan & Direktur IFI, selain adanya pusat kebudayaan Prancis di Indonesia, juga akan mengajak pemerintah Indonesia untuk membuat pusat kebudayaan Indonesia di Prancis sehingga memudahkan warga Prancis untuk mengenal kebudayaan Indonesia lebih banyak melalui film dan gelar kesenian.

Comments

  1. kapan lalu sempet nonton, tahun ini pass dulu. Nunggu ada yg ngajak tapi ngak ada #cedih

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts