Bandrek Cailate, Pedasnya Bikin Ketagihan


Ngomongin bandrek, minuman yang enaknya diminum saat udara dingin karena rasanya yang pedas dan bikin hangat tubuh. Kalau minum bandrek tapi pedasnya nanggung, kok rasanya bikin aku kesal ya.

Hujan dan minum Bandrek Cailate

Iseng mencoba bandrek merk Cailate yang original (tanpa susu), langsung ku berteriak kepedesan.. hehehe.. Tapi, lalu ketagihan untuk meminumnya lagi dan lagi… ditambah susu cair, duh rasanya makin sedap.

Bandrek Cailate
Selain original, Bandrek Cailate ada juga yang menggunakan kopi. Ini lebih wah…istimewa banget deh. Sampe-sampe kulupa dengan stok kopi di rumah, karena asik minum kopi bandrek, lalu tersadar, stok menipis. Hehehe

Bandrek Cailate ini dikemas dalam kemasan satuan yang lalu di pak menggunakan dus kecil dimana dalam tiap dus ada 5 buah kemasan satuan. Bandrek cailate ini bubuknya gak semuanya terserap air, ada sedikit ampas tersisa tapi tidak mengganggu saat diminum. Bisa diminum bersamaan atau jika tidak suka ya tidak  diminum.


Bandrek Cailate ini menggunakan gula palem sehingga rasa manisnya tidak begitu manis dan mengganggu. Gula palem, sesuai sifatnya, akan mengkaramel saat diseduh air panas dan menyatu rasanya dengan beragam rempah-rempah yang digunakan dalam bandrek ini.

Satu yang saya suka dari Bandrek Cailate ini, tidak adanya after taste yang mengganggu setelah minuman abis, selain rasa ketagihan untuk membuat secangkir lagi. Beneran loh, saya gak lebayyyy. Hahaha.. Kebetulan beberapa minggu lalu mencoba minuman yang agak mirip dari merk terkenal dan membuat saya menyesal karena rasa manisnya dan after taste yang mengganggu.

Walau menurut saya Bandrek Cailate ini cukup pedasnya, tapi menurut pemiliknya, bagi orang Bandung, ini pedasnya belum seberapa. ck.. ck.. ck... 

Beberapa hari lalu, penyakit saya kumat (penyakit yang ntah karena apa tapi sering datang mengganggu), iseng saya minum Bandrek Cailate, beberapa jam kemudian, sakit kepala hilang disertai buang angin yang tidak ada habisnya. Legaaaaaa....

Manfaat Rempah dalam Bandrek Cailate

Bandrek Cailate tersedia dalam 4 varian: tanpa krimer, original dengan krimer, coklat dengan krimer, dan kopi dengan krimer.

Kemasan Bandrek Cailate
Awal mula usaha bandrek dalam kemasan ini, menurut Ibu Rini, pemiliknya, adalah karena suami suka minuman berempah. Atas permintaan suami, Ibu Rini mulai meracik minuman yang terinspirasi oleh bandrek Bandung dan chai (minuman teh dari India).

Ternyata bandreknya disukai oleh orang-orang yang mencobanya dan bahkan sempat loh mengirim sampai 10 kg ke Belanda. Masya Allah…. Senangnya melihat produk local disukai oleh orang asing. Apalagi di Belanda yang suhunya di musim dingin tuh sesuatu, minum bandrek pilihan tepat deh.










Bandrek Cailate ini dapat dibeli online ataupun di toko-toko berikut:
  • Bandung: oleh – oleh Dago, Makuta, Kunafe
  • Garut: SBR
  • Yogyakarta: Mirota Batik/Hamzah Batik, Every Mart Bandara
  • Jakarta: Galeri SMESCO, Every Mart Bandara Halim dan Soekarno Hatta


Comments

Popular Posts